dailyvideo

Kabar Terbaru : Jelang Prosesi Pernikahan Putri bungsu Sri Sultan HB X

J

Metrotvnews.com, Jogja: Menjelang pernikahan putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X, permintaan blangkon, salah satu kelengkapan busana adat Yogyakarta, meningkat pesat. Putri kelima Sri Sultan HB X, Gusti Kanjeng Roro Bendoro Nurastuti Wijareni akan dipersunting oleh Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara Achmad Ubaidillah, Selasa (18/10) mendatang di Keraton Yogyakarta.
Banjirnya order blangkon diakui Abdurrahman, salah seorang pengrajin blangkon asal Desa Sidoarum, Godean, Sleman, Yogyakarta. Ia menuturkan, permintaan tutup kepala khas Jogja itu terjadi sejak dua pekan terakhir. Menjelang pernikahan agung di Keraton Yogyakarta, pembuatan blangkon bisa mencapai dua kodi atau 40 biji perhari. Padahal, pada hari biasa, paling banyak hanya satu kodi atau 20 biji perhari.
Tidak hanya yang berkualitas tinggi, blangkon kualitas biasa juga meningkat. Peningkatan permintaan umumnya datang dari toko-toko busana di Yogyakarta dan sekitarnya. Permintaan dari pasar-pasar tradisional cenderung stabil.
Blangkon terbuat dari kain batik dengan beragam motif. Pembuatannya harus dikerjakan dengan teliti dan hati-hati karena cukup rumit. Pembuatan dimulai dengan pola dasar yang terbuat dari kain berlapis kertas keras. Proses itu dikerjakan pada sebuah kayu yang dibentuk mirip rumah dome atau disebut "klebut".(DSY)
sumber

Jelang Prosesi Pernikahan Putri bungsu Sri Sultan HB X

Posted by JONI PINEM on 5:33 PM. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Kabar Terbaru : Jelang Prosesi Pernikahan Putri bungsu Sri Sultan HB X

Post a Comment

Recent News

Populer News

Recent Comments

Facebook Fans

Photo Gallery

Lot of Visitors