dailyvideo

6 Langkah Sehat Berpuasa

Senin (01/08/2011) pun akan jadi hari pertama bagi para umat Muslim untuk menunaikan ibadah puasa.
6 Langkah Sehat Berpuasa

Agar tetap segar dan sehat saat berpuasa, ada beberapa tips yang sebaiknya dilakukan satu hari sebelum menjalankan puasa. Langkah ini diperlukan, untuk mencegah tubuh dehidrasi, lemas dan kekurangan energi selama puasa. Ini dia tipsnya, seperti dilansir About.

1. Jangan konsumsi makanan atau minuman mengandung banyak kafein dan gula. Mulailah perbanyak minum air putih lebih dari biasanya, misalnya 9 atau 10 gelas.

2. Konsumsilah makanan dalam porsi kecil setiap dua jam sekali, tapi hindari yang tinggi kandungan garamnya. Karena, sodium dalam garam bisa mengurangi kadar air dalam tubuh.

3. Menjelang malam, santaplah makanan tinggi karbohidrat, lengkap dengan protein, serat dan vitamin. Meskipun dini hari nanti Anda akan santap sahur, makan malam harus tetap dijalankan seperti biasa agar kebutuhan kalori tetap tercukupi untuk hari ini.

4. Bangunlah minimal satu jam lebih awal untuk santap sahur. Jadi, Anda bisa menikmati makanan dengan santai dan perlahan, juga memberi waktu bagi lambung untuk beradaptasi menerima makanan di luar jam makan biasanya.

5. Jangan makan terburu-buru saat sahur, karena bisa menyebabkan perut 'kaget' dan mengalami konstipasi. Hindari juga makanan pedas dan terlalu banyak lemak. Makanan ini bisa memicu naiknya asam lambung sehingga menyebabkan perut mual dan perih.

6. Biasakan Anda sudah selesai makan sahur, 15 menit sebelum tiba waktu berpuasa (adzan subuh). Pergunakan waktu ini untuk minum segelas air putih, bersantai sebentar dan gosok gigi.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1432 H 2011

Posted by JONI PINEM on 4:39 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for 6 Langkah Sehat Berpuasa

Post a Comment

Recent News

Populer News

Recent Comments

Facebook Fans

Photo Gallery

Lot of Visitors