dailyvideo

Kabut Asap Menyelimuti Malaysia

Sebenarnya, polusi kabut asap di Johor telah masuk ke tingkat berbahaya untuk kesehatan

Kabut asap menyelimuti Batam, Indonesia, pada 2009 (Antara/ Asep Urban)


VIVAnews - Tidak seperti Singapura, Malaysia masih bersabar atas gangguan kabut asap dari kebakaran lahan atau hutan di Indonesia. Kendati tidak melayangkan keluhan, Malaysia berharap Indonesia bisa segera menuntaskan masalah kabut asap, yang mencemari udara di negara bagian Johor.

“Kebakaran hutan juga terjadi di negara lain, bukan hanya di Indonesia,” ujar Menteri Luar Negeri Malaysia, Anifah Aman, seperti dilansir kantor berita pemerintah Malaysia, Bernama, Jumat 22 Oktober 2010.

Anifah mengatakan bahwa jika memang hutan di Indonesia adalah sumber kabut asap di Johor, dia percaya pemerintah Indonesia tidak tinggal diam dan akan segera mengatasi hal ini. Anifah juga menawarkan kerja sama kepada pihak Indonesia jikalau dibutuhkan dalam proses pemadaman api.

Sebenarnya, polusi kabut asap di Johor telah masuk ke dalam tingkat berbahaya. Maka pemerintah Malaysia memutuskan untuk meliburkan 200 sekolah, yang menampung lebih dari 80.000 murid pada Kamis, 21 Oktober 2010. Mereka akan masuk kembali hari ini jika kabut asap telah mereda.

Sebaliknya, pemerintah Singapura sudah menghubungi pejabat Indonesia untuk segera mengatasi masalah kebakaran lahan atau hutan di Sumatra, yang setiap tahun terus berlangsung.

Laman harian The Straits Times mengungkapkan bahwa indeks standar polusi (PSI) atas kualitas udara di Singapura kian parah. Pada Jumat pukul 8 pagi waktu setempat, tingkat PSI mencapai angka 90, atau sudah masuk dalam katagori tidak sehat.

Bahkan pada Kamis sore, tingkat PSI mencapai 108. Ini adalah angka tertinggi sekaligus terburuk sejak 2006.

Posted by JONI PINEM on 11:07 AM. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Kabut Asap Menyelimuti Malaysia

Post a Comment

Recent News

Populer News

Recent Comments

Facebook Fans

Photo Gallery

Lot of Visitors