dailyvideo

RI-Rusia Sepakati Hubungan Lebih Substansial

Moskow - Menlu RI dan Menlu Rusia sepakat hubungan diplomatik ke-60 RI-Rusia harus dijadikan momentum untuk meningkatkan potensi hubungan kedua negara ke tingkat lebih tinggi.

Demikian salah satu hasil pertemuan bilateral antara Menlu RI R.M. Marty M. Natalegawa dengan Menlu Rusia Sergey V. Lavrov di Moskow, Jumat (15/10/2010).

"Kami menyepakati muatan lebih substansial dalam hubungan kedua negara tersebut," ujar Menlu RI Natalegawa, sebagaimana disampaikan Counsellor Pensosbud M. Aji Surya kepada detikcom seusai pertemuan.

Menlu Rusia Sergey V. Lavrov menyatakan komitmennya untuk memfasilitasi pembukaan Konsulat Jenderal Indonesia di wilayah Rusia, sehingga dapat meningkatkan kepentingan ekonomi dan perdagangan Indonesia di Rusia.

Dalam pertemuan singkat itu kedua Menlu juga membahas beberapa bidang kerjasama kedua negara yang dapat lebih ditingkatkan.

"Bidang penanggulangan terorisme, manajemen bencana dan sektor perhubungan udara merupakan bidang yang disepakati oleh kedua negara," terang Menlu.

Secara khusus juga dijajagi kemungkinan kerjasama perhubungan udara antara kedua negara dengan membuka rute langsung Indonesia-Rusia termasuk oleh maskapai penerbangan Indonesia, Garuda Indonesia.

"Semoga perjanjian hubungan udara antara kedua negara dapat ditandatangani di sela-sela rangkaian pertemuan KTT ke-17 ASEAN dan KTT terkait lainnya di Hanoi pekan depan," imbuh Menlu.

Menlu menggarisbawahi bahwa hubungan bilateral Indonesia-Rusia harus beragam dan dilaksanakan pada seluruh tingkatan. Bukan hanya terbatas pada hubungan antar pemerintah tetapi juga hubungan antara pebisnis dan masyarakat kedua negara.

Menurut Menlu, dalam kesempatan tersebut dibicarakan pula isu-isu regional termasuk ASEAN, arsitektur baru kawasan dan perkembangan di Laut Cina Selatan.

"Indonesia berkomitmen untuk terus menciptakan kawasan Asia Pasifik yang lebih stabil, damai dan sejahtera berdasarkan pada dynamic equilibrium (keseimbangan dinamis, red) dalam konstelasi hubungan antar-negara di kawasan," jelas Menlu.

Sebagaimana diketahui dan dirancang sejak awal, melalui perluasan East Asia Summit yang mencakup Rusia dan AS, partisipasi perdana Rusia dan AS akan dilakukan pada masa keketuaan Indonesia pada 2011.

"Untuk isu global, kami telah membahas bersama Menlu Rusia masalah Semenanjung Korea, proses perdamaian di Timur Tengah, nuklir Iran, serta Kosovo," demikian Menlu.



Other News :







Posted by Unknown on 8:52 PM. Filed under , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for RI-Rusia Sepakati Hubungan Lebih Substansial

Post a Comment

Recent News

Populer News

Recent Comments

Facebook Fans

Photo Gallery

Lot of Visitors