dailyvideo

Obama Serukan China Bebaskan Liu Xiaobo


Reuters
Washington - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyerukan pemerintah China untuk membebaskan Liu Xiaobo (54), pembangkang China yang baru saja diumumkan meraih penghargaan Nobel Perdamaian.

Obama mengeluarkan statemen tertulis berisi pujian atas Liu, aktivis HAM dan prodemokrasi yang hingga kini mendekam di penjara.

"Tahun lalu, saya mengingatkan bahwa begitu banyak orang lain yang telah menerima penghargaan ini, telah mengorbankan jauh lebih banyak daripada saya," demikian pernyataan Obama yang meraih Nobel Perdamaian pada tahun 2009 lalu.

"Daftar itu sekarang termasuk Tuan Liu, yang telah mengorbankan kebebasannya untuk keyakinannya," ujar Obama seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (9/10/2010).

Obama pun menekankan bahwa selama 30 tahun terakhir, China telah membuat kemajuan dramatis dalam reformasi ekonomi dan memperbaiki kehidupan rakyatnya, mengangkat ratusan juta orang dari kemiskinan.

"Namun penghargaan ini mengingatkan kita bahwa reformasi politik belum sejalan, dan bahwa hak-hak dasar setiap pria, wanita dan anak-anak harus dihormati," tegas Obama.

"Kami menyerukan pemerintah China untuk membebaskan Tuan Liu secepat mungkin," tandasnya.

Obama memuji Liu sebagai "juru bicara yang berani dan mengesankan untuk kemajuan nilai-nilai universal melalui cara-cara damai dan non-kekerasan, termasuk dukungannya untuk demokrasi, HAM dan aturan hukum."

Obama saat ini dihadapkan pada tudingan sejumlah pihak bahwa dirinya mengabaikan keprihatinan soal HAM di China demi upayanya untuk meningkatkan hubungan dengan China.




Other News :

Posted by JONI PINEM on 12:07 PM. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Obama Serukan China Bebaskan Liu Xiaobo

Post a Comment

Recent News

Populer News

Recent Comments

Facebook Fans

Photo Gallery

Lot of Visitors