dailyvideo

Kemkes Siapkan 2 Ton Bantuan Kesehatan Bagi Pengungsi Merapi

Gunung Merapi @ Detik.com


Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemkes) mulai bersiap mengantisipasi kemungkinan terburuk dari status awas Gunung Merapi. Bantuan logistik kesehatan sebanyak dua ton sudah disiapkan, terutama bagi para pengungsi dan korban letusan.

"Persiapan awal kami ada dua ton, tapi jika kurang siap di-back up berapa pun," kata Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Kemkes Mudjiarto, kepada detikcom, Senin (25/10/2010).

Rencananya, pengiriman bantuan akan mulai dilakukan hari ini. Sementara, Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih dan Menko Kesra akan segera bertolak ke Merapi untuk meninjau lokasi.

Untuk tenaga medis, Mudjiarto mengaku sudah mengumpulkan para petugas sejak Kamis 21 Oktober lalu. Para dokter dan perawat dari daerah yang berpeluang terkena imbas bencana letusan gunung Merapi sudah diberi pelatihan khusus.

"Teman-teman dari sekitar Gunung Semeru dan Gunung Kelud juga kami undang, supaya melihat semacam persiapan dan antisipasi," tambahnya. 

"Kami juga mempersiapkan pos pelayanan kesehatan di tempat pengungsian," sambungnya.

Lalu penyakit apa saja yang kemungkinan menyerang korban bencana letusan gunung? Menurut Mudjiarto, biasanya pengungsi ada yang sudah mengidap penyakit bawaan lalu penyakit gangguan saluran pernafasan.

"Kita juga mengantisipasi luka bakar kalau ada kena awan panas," tutupnya.

Merapi semakin meningkat aktivitasnya sejak pekan lalu. Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono menegaskan arah luncuran lava pijar bakal lebih dominan menuju ke arah selatan Merapi. Pihaknya meminta warga di Kabupaten Sleman dan Klaten untuk meningkatkan kewaspadaannya.

Sejak pukul 06.00 WIB tadi pagi, status Merapi dinaikkan jadi 'awas', dari sebelumnya 'siaga'. Pemerintah Kabupaten Sleman menerima informasi ini dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta lewat surat bernomor 2044/45/BGL.V/2010, tanggal 25 Oktober 2010.

Meski demikian, pihaknya juga belum bisa memastikan waktu munculnya lava ke
permukaan. Sedang gejala-gejala adanya tekanan magma dari perut bumi ke atas
sudah muncul.

Posted by Unknown on 10:07 AM. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Kemkes Siapkan 2 Ton Bantuan Kesehatan Bagi Pengungsi Merapi

Post a Comment

Recent News

Populer News

Recent Comments

Facebook Fans

Photo Gallery

Lot of Visitors