dailyvideo

Cara Menghilangkan Bau Badan

Tips Kesehatan - Tips Trik Cara Menghilangkan Bau Badan di antaranya menhilangkan bau di Kulit Kepala, Ketiak, Area Genital, tubuh, dan kaki.

Cara Menghilangkan Bau Badan


PENAMPILAN oke, tapi kok ada aroma tidak sedap keluar dari tubuh. Entah itu dari tubuh, ketiak, kepala, rambut, atau kaki, bau keringat memang kerap menjadi masalah baik bagi yang bersangkutan ataupun lingkungan sekitar.

Sebelum masalah bau ini menganggu yuk ikuti tip jitu mengusir bau dari ujung kaki hingga ujung kepala.

Kenali Ekrin dan Apokrin

Menurut dr. Fitria Agustina, Dipl.CIBTAC, SpKK dari Pusat Perawatan Kulit Fit Skin Center, Jakarta Pusat, pada tubuh kita terdapat kelenjar keringat yang bernama kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin ini terdapat hampir di seluruh permukaan kulit. Kelenjar ekrin sudah ada sejak kecil di mana keringat yang dihasilkannya tidak hanya berfungsi sebagai alat pengeluaran sisa metabolisme tubuh namun juga berguna untuk mengatur suhu tubuh dan sebagai sistem pertahanan tubuh.

Sedangkan kelenjar apokrin terletak di daerah ketiak, payudara, daerah anus dan kemaluan. Kelenjar apokrin akan berfungsi aktif setelah remaja dan keringat yang dihasilkan dipengaruhi oleh rangsangan emosi. Keringat apokrin mengandung banyak lemak dan protein, yang apabila diuraikan oleh bakteri akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau inilah yang kemudian dikenal sebagai bau badan.

Bakteri dan Makanan

Selain bakteri beberapa faktor lain bisa menimbulkan bau badan, seperti makan makanan yang mengandung protein tinggi, kebiasaan makan makanan yang merangsang seperti durian, bawang, kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, bahkan pemakaian antibiotik tertentu bisa memengaruhi bau seseorang.

“Selain itu menggunakan pakaian yang tidak menyerap keringat dengan dan ada hal-hal lain yang ternyata juga berpengaruh seperti faktor genetik yang berperan pada banyaknya produksi kelenjar apokrin,” tambah spesialis kulit dan kelamin yang sehari-hari juga berprofesi sebagai staf pengajar Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FKUI.

Ayo, Usir si Bau!

1. Kulit Kepala

Mencuci rambut dan kulit kepala setidaknya dua hari sekali. Lebih baik menggunakan sampo yang terpisah dengan conditioner-nya. Karena conditioner tersebut berfungsi untuk batang rambut bukan kulit kepala. Bagi perempuan yang memakai jilbab agar mengeringkan rambutnya secara sempurna sebelum menutupnya kembali dengan jilbab.

Rambut yang masih basah bila langsung ditutup dengan jilbab akan menyebabkan bau. Jadi sebaiknya sempatkan waktu untuk mengeringkan rambut hingga benar-benar kering.

2. Ketiak

Sebaiknya membersihkan bulu ketiak dengan cara dicabut jangan dicukur karena untuk menghindari tumbuhnya bulu-bulu kasar. Pemakaian deodoran antiperspirant pun tidak wajib, hanya membantu supaya keringat yang ada di daerah lipatan terutama aksila mengering lebih cepat.

Jadi kesempatan si bakteri untuk berkembang biak ditahan oleh antiperspirant tersebut. Paling tepat digunakan setelah mandi sebelum tubuh mengeluarkan keringat akibat beraktivitas. Pilihlah produk bukan karena wanginya tapi lebih pada cocok atau tidaknya diterima oleh kulit kita. Jika muncul rasa gatal, perih, itu artinya tidak cocok dan perlu menggantinya dengan produk lain.

3. Tubuh

Mandilah minimal dua kali sehari. Terlebih di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Gunakan sabun yang lembut (mild) dan tidak membuat kulit kering. Hati-hati dengan penggunaan sikat mandi. Gunakan sikat yang berbahan lembut dan tidak mengakibatkan iritasi kulit.

Menggosok tubuh dengan sponge jangan terlalu keras. Tujuannya untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati tanpa harus membuat kulit iritasi. Hindari penggunaan air panas karena akan mengakibatkan kulit menjadi kering.

4. Area Genital

Basuhlah bagian di antara vulva (bibir vagina) secara hati-hati menggunakan air bersih setiap habis buang air kecil, buang air besar, dan ketika mandi. Ingat, cara membasuh yang benar adalah dari arah depan (Miss V) ke belakang (anus), jangan terbalik, karena akan menyebabkan bakteri yang ada di sekitar anus terbawa masuk ke Miss V. Keringkan Miss Vdengan sempurna sebelum memakai celana dalam. Pilih celana dalam yang berbahan katun sehingga menyerap keringat dengan baik.

5. Kaki

Salah satu penyebab utama kaki berbau adalah karena kesalahan memilih penutup kaki (sepatu). Bahannya yang tidak nyaman dan tertutup rapat membuat kulit kaki senantiasa basah oleh keringat. Akibatnya, kuman tertentu bisa memroduksi bau yang tidak nyaman. Selain itu, penyakit jamur di sela jemari kaki juga menghasilkan bau kaki yang tidak nyaman.

Pilihlah sepatu terbuka atau sepatu sandal. Hindari memakai sepatu yang sama selama berhari-hari. Keringkan kaki secara menyeluruh dan sempurna sehabis mandi atau cuci kaki. Biasakan memakai kaos kaki yang berbahan katun dan gantilah kaos kaki setiap hari. Dapat menggunakan foot powder atau footspray untuk mengatasi bau kaki. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan kaki beserta penutupnya. (Sumber: Tabloid Mom & Kiddie)

(okezoner)

Posted by JONI PINEM on 1:28 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Cara Menghilangkan Bau Badan

Post a Comment

Recent News

Populer News

Recent Comments

Facebook Fans

Photo Gallery

Lot of Visitors