dailyvideo

Timur Pradopo Resmi Menjabat Kapolri

Timur Pradopo mengucap sumpah yang dipandu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kapolri Komjen Timur Pradopo (ANTARA/Agung)

VIVAnews - Komisaris Jenderal (Pol) Timur Pradopo mulai Jumat sore, 22 Oktober 2010 resmi menjabat Kapolri seusai dilantik Presiden di Istana Negara. Timur Pradopo menggantikan Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri yang memasuki masa pensiun.

Timur dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Keputusan Presiden nomor 68 Polri 2010, sekitar pukul 15.00 WIB. "Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini," demikian ucapan sumpah Timur Pradopo yang dibimbing langsung Presiden.

Selain itu, Timur Pradopo juga mengucapkan sumpah untuk menjaga integritasnya sebagai Kapolri. Salah satunya adalah dengan tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun.

"Bahwa saya tidak akan menerima suatu hadiah, atau pemberian berupa apa saja. Dari apapun juga, yang saya tahu patut atau tidak bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan dengan pekerjaan saya," kata Timur, mengucapkan sumpah yang dibimbing Presiden.

Usai dilantik, Komjen (Pol) Timur Pradopo tinggal menunggu Serah Terima Jabatan hingga resmi menjalankan fungsi dan peran sebagai Kapolri.

Sebelumnya, Timur telah mendapat persetujuan DPR dalam sidang paripurna Selasa 19 Oktober 2010. Timur menjadi calon tunggal yang diajukan Presiden SBY ke DPR.

"Seluruh anggota secara mufakat menyetujui untuk memberhentikan Jenderal Bambang Hendarso Danuri yang telah memasuki masa pensiun sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia dan selanjutnya Komisi III menyetujui mengangkat Komjen Timur Pradopo sebagai Kapolri beserta catatan-catatan fraksi yang tak dapat dipisahkan. Semoga ini mendapat ridha dari Allah," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR Tjatur Sapto Edy di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa 19 Oktober 2010.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan, Kamis 14 Oktober 2010 lalu, semua fraksi di DPR menyetujui Timur Pradopo sebagai Kapolri. Hanya dua fraksi memberi catatan tambahan untuk pemaparan mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Posted by JONI PINEM on 3:32 PM. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Timur Pradopo Resmi Menjabat Kapolri

Post a Comment

Recent News

Populer News

Recent Comments

Facebook Fans

Photo Gallery

Lot of Visitors