dailyvideo

Korban Tewas di Wasior jadi 147 Orang

Wasior - Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) terus menemukan korban tewas dalam banjir bandang di Kecamatan Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. Korban tewas kini menjadi 147 orang, dan korban hilang 123 orang.

"Sampai pukul 11.00 WIT (09.00 WIB) kami temukan lagi 2 korban tewas. Sehingga total korban tewas 147 orang, yang hilang 123 orang," kata Humas Basarnas Gagah Prakoso, saat dihubungi detikcom, Senin (11/10/2010).

Menurut Gagah, korban tewas ditemukan di daerah Suanduai. Korban ditemukan di antara tumpukan kayu.

"Ketika ada bau, kita cari. Terus tumpukan kayu kita buka," kata Gagah.

Gagah menambahkan, tim Basarnas hari ini masih memfokuskan diri untuk mencari korban di tumpukan-tumpukan kayu.

Senin 4 Oktober lalu,  Kecamatan Wasior diterjang air bah yang menyebabkan seluruh sarana infrastruktur di Wasior luluh lantak, termasuk lapangan udara. Ribuan warga diungsikan ke Manokwari. Sejumlah bantuan pun dikirim.

Sejumlah menteri terkait seperti Menko Kesra Agung Laksono dan Mensos  Salim Segaf turun langsung ke lapangan memberikan bantuan. Mereka membawa bantuan uang tunai bagi para korban dengan nilai total Rp 2,5 miliar dan santunan awal sebesar Rp 4 juta rupiah untuk keluaga yang anggotanya tewas akibat banjir.

Freddy Numberi pun sudah mengintruksikan agar ribuan pengungsi Wasior dibawa ke Manokwari. KM Napulu yang tengah merapat di Nabire langsung merapat ke perairan dekat Wasior. Kapal ini diharapkan dapat mengangkut semua pengungsi yang sudah kehilangan tempat tinggalnya. Presiden SBY juga berencana mengunjungi pengungsi banjir bandang di Wasior.

Palang Merah Indonesia (PMI) juga telah membagikan bantuan kepada korban bencana alam ini. Ribuan paket perlengkapan rumah tangga sudah diterbangkan ke Wasior menggunakan pesawat kargo milik Ketum PMI, Jusuf Kalla. PMI juga menyemprotkan disinfektan ke tempat ditemukannya mayat agar tidak menyebarkan penyakit.

Terjangan air bah menyebabkan seluruh sarana infrastruktur di Wasior luluh lantak, termasuk lapangan udara. Seluruh logistik bantuan untuk keperluan tanggap darurat hanya bisa disalurkan melalui pelabuhan kecil di Teluk Wondama.


Other News :

Posted by JONI PINEM on 10:38 AM. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Korban Tewas di Wasior jadi 147 Orang

Post a Comment

Recent News

Populer News

Recent Comments

Facebook Fans

Photo Gallery

Lot of Visitors