dailyvideo

Cara Ganti Favicon Pada Blogger


Favicon?? Apa sih favicon? Pasti pertanyaan itu sempat muncul dari benak sobat. Favicon artinya favorite icon, sebutan icon kecil yang berada di samping kiri alamat suatu situs. Favicon ini letaknya disamping address bar. Yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana mengubah default favicon pada blog, khusunya blog dari blogger. Seperti kita ketahui, blogger langsung memasangkan favicon asli blogger pada blog yang dibuat di blogger. Default favicon dari blogger seperti ini image .
Nah supaya tampilan blog kita lain dari yang lain, favicon tersebut bisa kita ganti. Nah terlebih dahulu pastikan sobat telah mempunyai gambar yang akan dijadikan favicon. Ekstensi gambar yang bisa dipergunakan tidak hanya *.jpg lho! Tetapi bisa juga *.gif atau *.ico. Kalo sobat pernah melihat favicon yang bisa bergerak, nah itulah favicon dengan gambar dengan tipe *.gif. Perlu dicatat bahwa ukuran favicon tersebut adalah 16x16. Jadi buatlah atau carilah terlebih dahulu gambar dengan ukuran tersebut. Jika sobat mengalami kesulitan dalam mengubah ukuran favicon itu, sobat dapat mempergunakan http://www.html-kit.com/favicon/ untuk merubah ukuran gambar menjadi 16x16 dengan cara yang mudah.

Langkah untuk mengubah favicon pada blogger:
1. Buka alamat  http://www.html-kit.com/favicon/ untuk mendapatkan gambar ukuran 16x16

2. Klik “Browse” dan pilih gambar yang akan dijadikan favicon. Gambar tersebut dapat berupa logo yang sekiranya melambangkan blog sobat dengan tipe *.jpg atau *.png.
image

3. Kemudian klik “Generate Favicon.ico”. Setelah upload selesai, tinggal download favicon yang telah di-generate. Namun jika sobat pengen edit, misalnya ganti background tinggal klik “Customize”
image

4. Setelah didownload, maka sobat akan mendapatkan file dengan tipe zip. Segera extract dengan Winrar atau software extrator lainnya. Didalam folder hasil extract akan ada 3 file yaitu file *.ico, *.gif, dan file petunjuk dengan ekstensi *.txt. Tentukan pilihan file gambar yang akan dijadikan favicon. Jika pengen gambar yang biasa, bisa pakai yang *.ico, jika suka yang bergerak gunakan *.gif.

5. Kemudian upload file gambar itu di situs untuk menyimpan gambar di internet. Misal di imageshack atau photobucket. Terlebih dahulu sobat harus buat akun disana. Mudah, gampang, dan cepat kok! gratis lagi! :D

6. Contoh kalo sobat menggunakan imageshack, maka setelah upload akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Cari bagian “Direct”, didalamnya ada sebaris kode. Itulah kode yang akan digunakan sebagai link/url yang mengarah ke gambar favicon itu.
image

7. Sekarang masuk ke halaman blogger. Kemudian pilih “Rancangan”.
image

8. Lanjut ke “Edit HTML”.
image

9. Jangan lupa centang “Expand Template Widget”
image

10. Kemudian cari kode dibawah ini
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>

11. Copy paste kode ini dibawah kode diatas
<link href='url-gambar' rel='shortcut icon'/>
      Keterangan: kode yang diberi warna merah harap diganti dengan link/url gambar yang    telah diupload di photobucket seperti yang telah sobat lakukan diatas.

12. Simpan template.

13. Jika sobat telah melakukan langkat2 diatas dengan benar, maka favicon sobat akan berubah seperti yang sobat inginkan.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan salam dari bangjohan.
:D

Posted by JONI PINEM on 4:09 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Cara Ganti Favicon Pada Blogger

Post a Comment

Recent News

Populer News

Recent Comments

Facebook Fans

Photo Gallery

Lot of Visitors