dailyvideo

Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog (Bagian 2: Traffic)

print this page Print this Tutor Shared This




Pengantar:
Sejak beberapa hari yang lalu, Blogguebo menghadirkan seri artikel Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog mengenai tips-tips melakukan monetisasi blog berdasarkan teori CTPM yang digagas oleh Ken Evoy, pendiri SiteBuildIt.


Bagian pertama seri artikel ini, yang telah saya tampilkan beberapa hari yang lalu, mengulas tentang pilar Content sebagai tiang pertama monetisasi blog.


Seri kedua kali ini akan mengulas pilar kedua dalam Pilar CTPM yakni Traffic.


Bagian 2 Pilar CTPM: Traffic


Konten adalah raja. Namun konten bukanlah segala-galanya. Dalam dunia blogging, konten yang bernilai tinggi dan bermanfaat tidak cukup sebagai ukuran kesuksesan monetisasi blog. Konten yang bagus, bahkan sempurna, tidak dengan serta merta akan menarik pembaca. Apa artinya sebuah blog dengan konten yang bernilai tinggi, bermanfaat dan hebat dalam semua aspeknya namun tidak ada satupun orang yang membacanya?


Kok bisa tidak ada yang membaca? Bukankah konten yang bernilai tinggi dan bermanfaat PASTI akan dicari dan dibutuhkan orang?


Sayangnya tidak. Konten yang bagus adalah satu hal, namun bagaimana menarik pengunjung adalah hal yang lain.


Ya, menarik traffic ke blog Anda adalah langkah kedua yang harus Anda lakukan setelah menulis konten yang bagus.

Secara umum, ada dua macam traffic. Pertama, traffic gratis. Traffic ini sebagian besar berasal dari pengunjung yang datang dari halaman hasil pencarian search engine. Sisanya dari social media, social bookmarking, forum dan lain-lain. Kedua, traffic berbayar. Traffic ini berasal dari pengunjung yang datang dari iklan Pay-Per-Click (semisal Google Adwords atau YPN) yang Anda gunakan untuk mempromosikan blog Anda.

Meskipun Anda tentu bisa melakukan keduanya, namun traffic gratis seharusnya menjadi fokus utama Anda untuk menarik pengunjung. Traffic berbayar barangkali akan memberikan pengunjung ke blog Anda, namun begitu Anda berhenti memasang iklan, maka berhenti pula aliran pengunjung ke blog Anda. Karena pertimbangan itulah artikel ini hanya akan menyinggung tips-tips bagaimana menarik traffic secara gratis ke blog Anda.

Bagaimana cara menarik traffic gratis ke blog Anda?

1. Daftarkan Blog Anda ke Mesin Pencari
Sepele, namun krusial. Inilah langkah penting pertama yang harus Anda lakukan untuk menarik traffic gratis ke blog Anda. Untuk mendapatkan traffic gratis dari mesin pencari, blog Anda harus terlebih dahulu terdaftar dan ter-crawl oleh robot mesin pencari. Daftarkanlah setidaknya pada tiga mesin pencari terbesar yakni Google, Yahoo dan MSN. Silahkan klik situs mesin pencari dibawah untuk mendaftarkan blog Anda di mesin pencari Google, Yahoo dan MSN. Jika Anda ingin mendaftarkan blog Anda ke mesin pencari yang lain, silahkan klik disini.

2. Daftarkan Blog Anda ke Blog Directory
Blog directory adalah situs yang berisikan daftar blog yang disusun berdasarkan topik tertentu. Dengan mendaftarkan blog Anda ke blog directory, selain bisa mendapatkan suntikan pengunjung, Anda akan mendapatkan backlink dari situs blog directory yang kebanyakan memiliki nilai page rank cukup tinggi. Konsekuensinya, dimata mesin pencari blog Anda akan memiliki kualitas yang lebih tinggi pula. Silahkan klik disini untuk mendaftarkan blog Anda ke puluhan blog directory.

3. Ciptakan Lebih Banyak Konten Yang Bernilai Tinggi
Lebih dari segalanya dan seperti yang telah dibahas pada bagian pertama seri artikel ini, menciptakan konten yang bernilai tinggi adalah syarat mutlak untuk menarik pengunjung ke blog Anda. Tulislah konten yang bermanfaat bagi pembaca blog Anda dan sekaligus lakukan optimasi keywords terfokus yang sesuai dengan topik blog Anda. Mulailah dengan menulis konten secara rutin dan topikal dengan melakukan optimasi on-page SEO berdasarkan keywords yang Anda bidik. Semakin bagus optimasi on-page yang Anda lakukan, semakin tinggi ranking SERP (Search Engine Results Page) yang Anda dapatkan, dan pada gilirannya semakin besar peluang datangnya pengunjung ke blog Anda.

4. Bangun Backlink
Membangun backlink akan meningkatkan nilai off-page search engine optimization (SEO) yang pada gilirannya akan meningkatkan ranking hasil pencarian atau SERP (Search Engine Results Page). Semakin banyak backlink natural atau organik (baca: bukan paid link) yang Anda dapatkan, semakin tinggi SERP blog Anda di mesin pencari. Hasilnya, tentu semakin banyak pengunjung yang datang ke blog Anda. Cara membangun backlink bisa Anda baca di bagian pertama seri artikel ini.

5. Promosikan Blog Anda
Ada banyak cara mempromosikan blog tanpa mengeluarkan uang sedikitpun. Beberapa cara yang bisa Anda coba diantaranya adalah:

- memberikan komentar (tentu bukan spam comment) di blog lain
- mendaftar dan meninggalkan signature blog di forum-forum online
- memanfaatkan layanan RSS Feed, misalnya dari FeedBurner
- memanfaatkan layanan RSS melalui email, misalnya dari FeedBlitz
- memanfaatkan situs social networking semisal Friendster, My Space, dan lain-lain
- mencantumkan signature blog di email pribadi Anda
- mendaftar situs-situs social networking semisal MyBlogLog dan BlogCatalog
- memanfaatkan situs social media semacam Wikipedia
- memanfaatkan Entrecard
- menyisipkan alamat blog pada akun Yahoo Messenger
- memanfaatkan situs social bookmarking semacam Digg, StumbleUpon atau Lintas Berita
- menulis untuk blog lain (guest blogger) dengan menyertakan alamat blog Anda

Selain cara-cara diatas, Anda juga bisa mencoba melakukan promosi blog dengan cara-cara menakjubkan ala guerrilla marketing. Intinya, lakukanlah upaya promosi gratis semaksimal mungkin sebelum memutuskan memilih cara promosi berbayar melalui iklan.

Dengan melakukan langkah-langkah diatas, blog Anda akan dikenal karena kualitas dan kredibilitas, baik oleh mesin pencari maupun oleh pembaca yang merasa mendapatkan manfaat dari blog Anda. Hasil akhirnya, Anda akan menarik pengunjung loyal yang selalu datang dan datang lagi ke blog Anda. Setelah memiliki cukup banyak traffic, langkah berikutnya Anda bisa melakukan Pre-selling dan tentu saja Monetisasi.

Semoga bermanfaat.

Seri berikutnya akan mengulas pilar ketiga, Pre-selling, dalam Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog (Bagian 3: Pre-selling). Jika Anda tidak ingin terlewat seri ketiga dan seri-seri artikel berikutnya, silahkan berlangganan Blogguebo secara gratis melalui RSS atau email Anda. Cukup klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

(Gambar diambil dari Cache.eb.com)

Medhy Aginta Hidayat

Posted by Unknown on 4:25 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog (Bagian 2: Traffic)

Post a Comment

Recent News

Populer News

Recent Comments

Facebook Fans

Photo Gallery

Lot of Visitors